Tak Bayar Upah Sesuai UMK 2019, Pemkot Depok Bakal Sanksi Perusahaan

, , Comments Off on Tak Bayar Upah Sesuai UMK 2019, Pemkot Depok Bakal Sanksi Perusahaan

Tak Bayar Upah Sesuai UMK 2019, Pemkot Depok Bakal Sanksi Perusahaan

Agen Bola, Agen Poker Online, Agen Domino qiu qiu – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memperingatkan 876 aktor usaha untuk mengaplikasikan gaji minimal kota (UMK) baru pada tahun 2019. Awal mulanya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mengambil keputusan UMK Depok tahun 2019 sebesar 3,8 juta.

Kepala UPTD Pengawas Ketenagakerjaan Lokasi I Bogor H. Ma’mur Rizal mengharap per Januari 2019 beberapa perusahaan mengaplikasikan UMK.

“Kami akan kerjakan pengawasan ketat. Ada banyak tingkatan yang dikerjakan Pemkot untuk memberikan sangsi perusahaan yang tidak membayarkan gaji sesuai dengan UMK,” tuturnya pada wartawan, Rabu (5/12/2018)

Pertama, tuturnya, lakukan kontrol dalam rencana pembinaan. Di tempat ini, perusahaan dapat dikasih peluang penangguhan sesuai dengan SK Gubernur.

Ke-2, lakukan kontrol dengan menerbitkan Nota Kontrol (NP) I. Perusahaan mesti penuhi ketetapan sesuai dengan UU no 13 Tahun 2003 dengan masalah 90.

Baca Juga : Kesandung di kandang Lawan, Pelatih Chelsea Ngamuk

“Perusahaan dilarang membayarkan gaji dibawah gaji minimal. Jika tidak melakukan mendapatkan intimidasi sangsi pidana,” terangnya.

Setelah itu katanya bila NP I tidak dipatuhi oleh perusahaan akan diterbitlan Nota Kontrol II, untuk memperingatkan supaya selekasnya melakukan sesuai dengan ketetapan.

Lalu, jika masih tetap tidak patuhi bisa diteruskan pada proses hukum pidana. “Pengawasan selalu dikerjakan agar terpantau,” katanya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Depok Diah Sadiah menjelaskan, akan lakukan publikasi UMK yang telah ditetapkan oleh gubernur Jawa barat ke 876 perusahaan yang telah terlapor semenjak 2016 lantas di Depok.”Walau sudah mengetahui semua perusahaan berkaitan kenaikan UMK, karenanya harus didapati,” tuturnya.