Banjir Kiriman Hantui Jakarta, Anies Berharap Solusi pada 2 Bendungan

, , Comments Off on Banjir Kiriman Hantui Jakarta, Anies Berharap Solusi pada 2 Bendungan

Banjir Kiriman Hantui Jakarta, Anies Berharap Solusi pada 2 Bendungan

Agen Bola, Agen Poker Online, Agen Domino qiu qiu – Banjir menempa beberapa lokasi di Jakarta, Jumat (26/4/2019). Banjir ini karena meluapnya Sungai Ciliwung imbas air kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjelaskan, banjir yang ini hari menggenangi lokasi Ibu Kota adalah kiriman dari hulu (Bogor). “Dalam tempat itu (Jakarta) tidak ada hujan sebenarnya. Kita ini terima air dari hulu saat disana (Bogor) hujannya keras,” tutur Anies di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Menurut Anies, untuk menghadapi banjir seperti ini selalu berlangsung, pemerintah tengah membuat dua bendungan di lokasi Sukamahi serta Ciawi, Kabupaten Bogor.

Ke-2 bendungan itu bertipe kering (dry dam), di mana pada musim kemarau akan kering serta akan tergenangi waktu musim hujan. Ke-2 bendungan ini mempunyai daya tampung 8,13 juta mtr. kubik air serta berperan meredam saluran permukaan yang datang dari daerah hulu.

Baca Juga : Susunan Pemain Liverpool vs Huddersfield Town

Dengan pembangunan dua bendungan itu, lanjut Anies, jadi datangnya air ke Jakarta tidak melimpah seperti sekarang ini, walau intensitas hujan di Bogor tinggi.

“Oleh karena itu yang ditangani, membuat dry dum di hulu. Ada 2 bendungan yang saat ini dibuat. Jika bendungan itu usai tahun ini, jadi jika berlangsung hujan lebat di daerah Ciawi, Bogor, airnya dapat ditahan,” papar Anies.

Anies menjelaskan, targetnya dua bendungan ini akan selesai pada bulan Desember tahun ini. Dengan kehadiran dua bendungan itu diinginkan saluran air dari Bogor bisa tertaham.

“Sekarang ini, sebelum itu usai, air masih tetap demikian saja hadir. Karenanya, titik-titiknya yang umumnya terkena itu, limpahan air dari hulu, walau sebenarnya kan Jakarta, ya hujan tetapi tidak ada hujan yang mengagumkan di sini. Ini ialah contoh kondisi banjir sebab kiriman dari Selatan,” tutupnya.