Selesaikan Sengketa Pileg, KPU Tunggu Putusan Sela MK

, , Comments Off on Selesaikan Sengketa Pileg, KPU Tunggu Putusan Sela MK

Selesaikan Sengketa Pileg, KPU Tunggu Putusan Sela MK

Agen Bola, Agen Poker Online, Agen Domino qiu qiu – KPU menanti keputusan celah majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memastikan langkah kelanjutan yang akan diambil berkaitan Konflik Hasil Penentuan Umum (PHPU) Pileg 2019 yang berlangsung di 11 propinsi.

Komisioner KPU Hasyim As’yari mengatakan, selesai jadwal sidang dengarkan jawaban termohon, berkaitan serta Bawaslu, MK akan memastikan masalah mana yang dapat diteruskan ke step seterusnya. Kemudian baru KPU memastikan langkah seterusnya terhitung memastikan nama serta jumlahnya saksi yang akan didatangkan dalam persidangan.

“Masalah saksi itu jadwal selanjutnya. Sebab minggu kedepan jadwal sidang di MK kan masih pembacaan jawaban. Jika tidak salah jadwalnya 22 Juli majelis hakim akan membuat keputusan apa pekara-perkara ini lanjut ataukah tidak dapat diterima, misalnya sebab segi formilnya tidak penuhi ketentuan,” katanya (12/7/2019) di Gedung MK Jakarta.

MK, sambungnya, berkesempatan keluarkan keputusan kalkulasi lagi dalam sidang keputusan celah 22 Juli akan datang, karena itu KPU akan selekasnya melakukan keputusan MK itu.

Baca Juga : Polisi Bongkar Sindikat Pengedar Narkoba Melalui Jasa Pengiriman Barang

“Kelak tanggal 22 Juli kita nantikan, jika selanjutnya dikatakan masalah ini lanjut ke jadwal kontrol pembuktian karena itu kita mulai bisa sama-sama mencocokan alat butki. Alat bukti itu mungkin saja berbentuk surat, dokumen dan alat bukti beradu info saksi,” tuturnya.

Hasyim menjelaskan faksinya sudah usai membuat jawaban yang diatur berdasar permintaan beberapa pemohon. “Jawaban tercatat KPU telah dikatakan paling akhir Jumat satu minggu waktu lalu. Demikian juga dengan alat bukti juga dikatakan. Tetapi majelis hakim masih memberi peluang perbaikan jawaban mengingat perubahan di persidangan dua hari sebelum agenda sidang,” jelas Hasyim.

Ini hari adalah hari paling akhir MK lakukan sidang kontrol pendahuluan permintaan beberapa pemohon untuk 59 masalah PHPU Pileg 2019 yang datang dari 11 propinsi. Salah satunya, Kalimantan Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Bengkulu, Riau.

Dari 59 masalah yang dicheck MK ini hari 53 masalah dimohonkan oleh parpol (partai politik), 4 perseorangan, serta 1 DPD. Sesudah ikuti sidang kontrol pendahuluan, seterusnya KPU akan siap-siap ikuti sidang dengan jadwal dengar jawaban faksi termohon, info faksi berkaitan, serta Bawaslu yang akan berjalan 4 hari mulai 15-18 Juli 2019.