Demokrat Gabung Pemerintah, Peluang AHY Jadi Menteri Terbuka

, , Comments Off on Demokrat Gabung Pemerintah, Peluang AHY Jadi Menteri Terbuka

Demokrat Gabung Pemerintah, Peluang AHY Jadi Menteri Terbuka

Agen Bola, Agen Poker Online, Agen Domino qiu qiu – Bergabungnya Partai Demokrat dalam konsolidasi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)- Ma’ruf Amin ke depan dipandang jadi ketetapan politik yang pas.

Pengamat komunikasi politik Kampus Pelita Keinginan (UPH) Jakarta, Emrus Sihombing, menjelaskan, dari pojok kebutuhan nasional masuknya Demokrat ke Konsolidasi Indonesia Kerja (KIK) benar-benar baik sebab kemampuan bangsa akan menyatu untuk membuat bangsa dibawah nahkoda Jokowi.

“Makin banyak partai yang masuk dengan konsolidasi pemerintah, saya anggap makin baik hingga tidak kita memakan waktu kita untuk berdialektika, berdiskusi, berdebat di ruang umum. Sekalinya berdebat itu bagus, tetapi bisa jadi pandangan satu serta yang lain benar, tapi dapat sama-sama menghapus. Sekalinya dua-duanya benar, kan dapat habiskan daya kita,” papar Emrus, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, Demokrat arus mempunyai sikap yang berkelanjutan saat telah mengatakan masuk. Jangan pernah masuk tetapi kelak ditengah-tengah jalan masih mengkritik pemerintah dengan fakta masukan yang membuat jika pemerintahan tidak berjalan secara baik.

“Itu kan namanya main dua kaki. Kalaulah saat kelak bergabung, ada yang kurang karena itu harusnya dikatakan di rapat kabinet, tidak harus dikatakan di ruang umum dengan fakta kami masih memberi pengawasan pada pemerintahan lewat legislatif. Itu sebetulnya politik dua kaki,” urainya.

Karenanya, lanjut ia, bila Demokrat masuk konsolidasi karena itu harus memiliki komitmen memberi dukungan pemerintah atau jika tidak semenjak saat ini mengatakan tidak memberi dukungan pemerintah. “Hidup itu kan masalah pilihan. Jadi jika telah diambil, jangan ada fakta. Karena itu sebelum diambil lakukan dengan selektif, dengan logis. Jika ingin ia gawat, ya di oposisi saja sebab oposisi tidak kalah mulianya dibanding yang di pemerintahan. Logikannya kan waktu pemerintah mengomentari pemerintah,” katanya.

Buat Demokrat, menurut Emrus, dengan masuk di pemerintahan serta nanti ada kader yang berkesempatan jadi menteri. Sebutlah saja contohnya Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga : Dua Orang Ini Bobol Kartu Kredit Rp1 Miliar lewat Internet Banking

Dengan demikian bila dapat sukses sesudah jadi menteri, katanya, itu dapat jadi batu loncatan untuk maju dalam Pemilihan presiden 2024, baik jadi cawapres atau capres. “Jadi ada hal positif buat bangsa serta hal positif buat Demokrat di 2024 dengan merapat ke konsolidasi pemerintah,” tuturnya.

Apa kebutusan masuk ke konsolidasi bukan malah bikin rugi Demokrat dengan elektoral? Emrus menjelaskan dengan skema multipartai seperti saat ini, sangat susah buat satu partai untuk memenangi 50% pemilu. Karenanya partai hampir diyakinkan akan tetap berkoalsisi.

“Atas hitung kenyataan multipartai itu saya anggap buat Demokrat, lebih baik masuk dengan Pemerintah Jokowi. Jika tidak masuk kan belum pasti menang 50% kan. Ditambah lagi buat Demokrat dengan tempat saat ini yang tidak demikian menyenangkan, tidak di tempat papan atas satu atau dua, saya anggap dengan hitung politik karena itu tempat konsolidasi pemerintahan benar-benar baik buat kebutuhan politik Demokrat ke depan,” katanya.

Contohnya, katanya, jadikan AHY jadi Menteri Pemuda serta Olahraga. Lewat tempat itu, rakyat bisa lihat prestasi AHY.

“Dibanding di luar kekuasaan, kan rakyat tidak dapat lihat, yang kelihatan kelak cuma dari beberapa tokoh legislastif yang bisa jadi cuma akan berwacana terus serta tidak kelihatan produktivitasnya,” kata Emrus.

Apa nama yang akan disodorkan oleh Demokrat duduk di kabinet tentu AHY atau kader Demokrat yang lain? Emrus memprediksi AHY. Faktanya, sejauh itu banyak pengakuan dari elite Demokrat yang mengatakan akan menyodorkan kader paling baik di bangku menteri. Nama itu ialah AHY.

“Walau menurut saya belum pasti ia kader yang paling baik Demokrat jika dikerjakan tracking di internal partai, fit and proper, tetapi saya lihat beberapa tokoh elite Demokrat telah ke arah apda AHY,” urainya.