Kekeringan, Warga Ciamis Gali Sungai Kering untuk Peroleh Air Bersih

, , Comments Off on Kekeringan, Warga Ciamis Gali Sungai Kering untuk Peroleh Air Bersih

Kekeringan, Warga Ciamis Gali Sungai Kering untuk Peroleh Air Bersih

Agen Bola, Agen Poker Online, Agen Domino qiu qiu– Kemarau panjang membuat masyarakat di Ciamis kesusahan air bersih. Masyarakat di Dusun Cikuya, Desa Langensari, Kecamatan Banjaranyar, sangat terpaksa menggali ditengah-tengah sungai yang kering untuk mendapatkan air bersih.

Seseorang masyarakat Dusun Cikuya, Deni Permana (22), akui kekurangan air bersih semenjak beberapa waktu kemarin. Sangat terpaksa dia bersama dengan masyarakat yang lain cari air bersih sampai ke hulu Sungai Cikaso yang memiliki jarak 5 km..

“Kami saat ini menggali sungai kering serta aliran irigasi, ada tiga titik. Alhamdulillah galian seperti sumur ini keluarkan air untuk menyambung keperluan air seharian, dipasang pompa ke rumah masyarakat,” tutur Deni.

Selain itu, Kepala Dusun Cikuya Yudian menjelaskan 240 Kepala Keluarga di daerahnya alami kesusahan air bersih. Sumur punya masyarakat telah jadi kering semenjak beberapa waktu kemarin. Tetapi sekarang dapat ditangani dengan menggali sungai kering sampai keluarkan air.

“Saya sendiri saja telah alami susah air bersih, karena itu harus cari air ambil atau mengisap dari sungai,” tuturnya.

Baca juga : Uni Emirat Arab Vs Indonesia: Atmosfer Positif Skuat Garuda

Tidak hanya menggali sungai kering, untuk penuhi keperluan air bersih, masyarakat mendapatkan pertolongan suplai dari BPBD Ciamis.

“Pertolongan kan tidak hadir tiap hari, jadi kami masyarakat di sini cari sumber air dengan menggali di sungai. Semoga selekasnya turun hujan agar kami tidak kekurangan air,” ujanya.

Selain itu, berdasar data dari BPBD Ciamis, sekitar 16 Kecamatan, 38 desa serta 84 dusun diadukan alami kekurangan air bersih. Masyarakat yang terimbas sekitar 12.073 Kepala Keluarga atau 38.279 jiwa. Jumlahnya pertolongan air bersih yang sudah dialirkan sekitar 1.110.000 liter atau 239 tangki (5.000 liter/tangki).

“Pertolongan air bersih dari BPBD serta donasi dari beberapa faksi totalnya seputar 1,1 juta liter. Berdasar prediksikan dari BMKG, untuk daerah Ciamis hujan mulai turun seputar akhir Oktober kelak,” tutur Kepala Bagian Kedaruratan serta Logistik BPBD Ciamis Ani Supiani.