Bupati Talaud Terpilih Tak Kunjung Dilantik, KPU: Itu Urusan Kemendagri

, , Comments Off on Bupati Talaud Terpilih Tak Kunjung Dilantik, KPU: Itu Urusan Kemendagri

Bupati Talaud Terpilih Tak Kunjung Dilantik, KPU: Itu Urusan Kemendagri

Agen Bola, Agen Poker Online, Agen Domino qiu qiu– Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan pekerjaan KPU telah usai saat Elly Engelbert Lasut serta Moktar Arunde Parapaga diputuskan jadi bupati serta wakil bupati dipilih Kepulauan Talaud. Arief menjelaskan masalah administrasi penyalonan Elly serta Moktar juga jelas.

“Sebenarnya pekerjaan KPU telah usai saat KPU memutuskan hasil pemilunya, pemilihan kepala daerah. Telah usai, closed,” tutur Arief di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020).

Arief menjelaskan administrasi untuk penyalonan telah dipenuhi dengan Elly serta Moktar. Karena itu, katanya, KPU Talaud loloskan penyalonan mereka di Pemilihan kepala daerah 2018.

“Telah usai (administrasi), jika tidak usai saat itu KPU tidak akan mempersilakan untuk turut jadi peserta pemilu. Telah kan kita telah lakukan itu,” papar Arief.

Arief malas memberi komentar penangguhan pengukuhan sebab Elly akan memegang tiga periode jika dikukuhkan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. Arief menjelaskan KPU sudah memeriksa kelengkapan berkas penyalonan dengan detil sebelum loloskan Elly.

“Saya tidak mau masuk ke situ ya harusnya, jika memang benar ada masalah itu KPU tentu tidak loloskan serta yang perlu Anda ingat saat ada akan calon daftar menjadi calon, KPU mustahil duduk manis di kantornya terus oke, tidak kemungkinan. Tentu berkas dicheck jika butuh konfirmasi ke faksi yang berkuasa. KPU lakukan konfirmasi serta itu dikerjakan oleh teman-teman selebihnya, itu kan masalah pengukuhan,” tuturnya.

Baca juga : Kerangka Manusia Duduk ‘Huni’ Rumah Kosong di Bandung Sisakan Rambut

Arief menyebutkan tingkatan pilkada sangat jelas. Jika ada faksi yang memprotes berkaitan penyalonan, ada proses untuk memperkarakannya.

“Pilkada, pemilu, itu ada stepnya. Saat kami mengolah tingkatan penyalonan pertanyaan saya, ada tidak keberatan saat itu, ada tidak protes, atau sanggahan atas proses penyalonan yang diputuskan, serta disana kan ada ruangan, yang disiapkan jika ada perselisihan penyalonan,” tuturnya.

Arief kembali memperjelas jika pekerjaan KPU sudah usai. Masalah pengukuhan ialah kuasa pemerintah. “Masalah pengukuhan itu kan pekerjaannya pemerintah dalam soal ini jika bupati, wali kota berada di Kementerian Dalam Negeri. Jika Gubernur berada di Presiden. Sebenernya lebih cocok Anda bertanya kesana. Jika KPU telah usai,” tuturnya.

Didapati, Gubernur Sulut, Olly tunda untuk melantik Elly serta Moktar sampai 6 bulan sesudah perubahan jabatan dengan fakta keputusan MA masalah waktu jabatan Elly dikatakan 3 periode jika dikukuhkan. Selain itu, Elly memperjelas, ia jadi calon dipilih resmi berdasar ketetapan KPU.

Atas fundamen masalah itu, Kemendagri pada Rabu (16/1) pada akhirnya memperantai kedua pihak. Selanjutnya Olly menyebutkan dianya akan menanti ketetapan dari Kemendagri untuk melantik Elly.