Mendes Optimistis Penyaluran BLT Dana Desa Tahap Pertama Selesai H+2 Lebaran

, , Comments Off on Mendes Optimistis Penyaluran BLT Dana Desa Tahap Pertama Selesai H+2 Lebaran

Mendes Optimistis Penyaluran BLT Dana Desa Tahap Pertama Selesai H+2 Lebaran

Agen Bola, Agen Poker Online, Agen Domino qiu qiu– Menteri Desa, Pembangunan Wilayah Ketinggalan serta Transmigrasi (Mendes-PDTT) Abdul Halim Iskandar optimis pencairan pertolongan langsung tunai yang mengambil sumber dari dana desa (BLT-Dana Desa) step pertama usai H+2 lebaran. BLT itu dapat usai tersalurkan sesudah Lebaran khususnya di desa-desa yang sudah melakukan musyawarah desa spesial (musdesus).

“Jika melihat dari sini, semoga sesudah lebaran kelak, 1-2 hari sesudah lebaran 100% desa yang telah musdesus dananya tersalur ke keluarga penerima faedah. Jika belum musdesus kemungkinan kita mempercepat musdesusnya, yang telah musdesus kita mempercepat pendistribusiannya, semoga sesudah libur lebaran semua desa telah usai mengalirkan BLT Desa. Kita mengharap di bulai Mei semua desa serta semua keluarga penerima faedah telah terima aliran dana desa untuk term pertama, ” kata Halim dalam pertemuan wartawan, Jumat (22/5/2020).

Halim menerangkan dari 56.993 desa yang menyebar di Indonesia, sekitar 99% sudah lakukan musyawarah desa spesial (musdesus). Hingga, desa-desa itu siap mengalirkan BLT Desa pada keluarga penerima faedah.

“Alhamdulillah pada 56.993 desa yang rekening kas desanya telah ada didalamnya, pertama desa yang sudah musdesus serta sudah tentukan keluarga penerima faedah BLT Desa, berarti telah ditetapkan pada tingkat musdesus itu ada 56.504 desa 99% dari 56.993 desa. Berarti, telah ada 99% kerjakan musdesus untuk aplikasikan calon penerima faedah, ” katanya.

Baca juga : Pasar Kramat Jati Ramai Jelang Lebaran, Warga Berdesak-desakan

Sekarang ini telah ada 37.012 desa yang sudah mengalirkan pertolongan pada keluarga penerima faedah atau sama dengan 65% dari 56.993 desa. Berarti, sampai H+2 lebaran akan datang, Halim membidik pencairan BLT Desa dapat dilaksanakan pada 19.981 desa yang lain.

“Sedang, desa yang telah mengalirkan sampai siang ini, uang telah tersalur keluarga penerima faedah itu ada 37.012 desa. Sama dengan 65% dari 56.993 desa. Itu berarti jika dari jumlah desa terima 65%. Demikian, desa yang telah musdesus tetapi belum salurkan BLT DD itu ada 19.981 desa. Atau 35%, ” tuturnya.

Halim menerangkan sampai sekarang ini telah ada sekitar 3.802.367 keluarga miskin sudah terima BLT Desa, dengan perincian keseluruhan dana yang tersalurkan sekitar Rp 2, 81 triliun.

“Selanjutnya kita melihat propinsi yang telah salur 100% serta musdesus 100% baru bali (636 desa). Terima kasih propinsi Bali. Selanjutnya diikuti Gorontalo dengan 567 desa. Diikuti DIY 392 desa. Diikuti Riau (275 desa), Sulteng (1.842 desa), ” katanya.